Analisis Semiotik Pola Asuh Belajar Ibu Single Parent Dalam Film Drama Korea The Good Bad Mother
Abstrak
Film merupakan media komunikasi massa yang penyebaran pesannya sangat efektif. Drama Korea merupakan salah satu film yang banyak digemari masyarakat Indonesia karena adanya Korean Wave atau Hallyu sebagai persebaran budaya Korea Selatan. The Good Bad Mother merupakan film drama Korea yang menggambarkan pola asuh belajar ibu single parent dalam mendidik anaknya hingga sukses. Namun pola asuh belajar tersebut menjadi perdebatan di kalangan penonton pada media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi makna sebenarnya tentang adegan pola asuh belajar ibu single parent yang terdapat dalam film drama Korea The Good Bad Mother. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Semiotika Roland Barthes yang mengandung unsur denotasi, konotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah mengkaji dokumen berupa adegan pola asuh belajar dalam film. Hasil penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menguraikan adeganadegan pola asuh belajar ibu single parent menggunakan analisis semiotik Roland Barthes berupa denotasi, konotasi, dan mitos. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pola asuh belajar ibu single parent dalam drama Korea The Good Bad Mother bersifat otoriter yang selalu memaksa anak belajar hingga memaksakan anak berprofesi sebagai seorang jaksa namun juga bersikap tegas dan disiplin sesuai ajaran Konfusianisme di Korea Selatan.
Kata Kunci: Film, Pola Asuh, Semiotik Roland Barthes