Komunikasi Antar Pribadi Barista Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan Pada Black House Purwodadi
Abstrak
Abstrak
Komunikasi interpersonal sangat penting dalam dunia bisnis, terutama di industri coffee shop yang semakin berkembang dan kompetitif. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mencapai tujuan tertentu, seperti meningkatkan dan menciptakan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi antar pribadi baristadalam menciptakan kepuasan pelanggan pada Black House Purwodadi. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan subjek penelitian adalah barista dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal barista Black House mencakup beberapa aspek: Keterbukaan, di mana barista membangun kedekatan dengan bersikap ramah dan tersenyum, serta menerima kritik dari pelanggan; Empati, yang memungkinkan barista memahami keinginan pelanggan; dan Sikap Mendukung, yang menciptakan komunikasi dua arah dengan mendengarkan dan membuka diri terhadap pendapat pelanggan, baik lama maupun baru. Selain itu, Sikap Positif ditunjukkan melalui penggunaan bahasa yang ramah dan kalimat afirmasi untuk menghargai pelanggan. Kesetaraan dalam perlakuan terhadap semua pelanggan, tanpa memandang penampilan atau usia, juga diutamakan untuk memberikan kesan positif terhadap kinerja barista.
Kata kunci : Komunikasi Antar Pribadi, Barista, Kepuasan Pelanggan