Pengaruh Digital Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) terbadap Keputusan Pembelian Pada Produk Fashion Tik-Tok Shop (Survei Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta)

Penulis

  • Muhammad Alamsyach Yudhistira Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Andri Astuti Itasari
  • Lukas Maserona Sarungu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh digital
marketing dan electronic word of mouth (e-wom) terhadap keputusan pembelian
produk fashion di tiktok shop. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan metode
penelitian survei dan pengumpulan data menggunakan kuesioner serta data lain seperti
jurnal, buku, artikel, dan lain-lain. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu
Komunikasi, Universitas Slamet Riyadi angkatan 2020-2023 sebanyak 100
mahasiswa. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan
teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing (X1)
dan electronic word of mouth (e-wom) (X2) secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian produk fashion di tiktok shop diproleh nilai sebesar
2.936 dengan p-value 0,004, dan electronic word of mouth (e-wom) diperoleh nilai
sebesar 3.866 dengan p-value 0,000. Secara simultan digital marketing dan electronic
word of mouth (e-wom) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk
fashion di tiktok shop pada mahasiswa ilmu komunikasi universitas slamet riyadi
diperoleh nilai sebesar 70.039 dengan p-value 0,000. Koefisien determinasi (R2)
diperoleh nilai sebesar 0,582 yang berarti bahwa digital marketing dan electronic word
of mouth memiliki pengaruh sebesar 58,2% terhadap keputusan pembelian dan 42,8%
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.
Kata kunci : digital marketing, electronic word of mouth (e-wom), keputusan
pembelian.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Yudhistira, M. A., Itasari, A. A., & Sarungu, L. M. (2025). Pengaruh Digital Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) terbadap Keputusan Pembelian Pada Produk Fashion Tik-Tok Shop (Survei Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11482

Terbitan

Bagian

Artikel