GAYA KOMUNIKASI PELATIH DAN MURID SANGGAR TARI PINCUK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MENGIKUTI PENTAS SENI
Abstrak
ABSTRAK
Komunikasi antara pelatih dan murid di Sanggar Tari Pincuk menunjukkan
bahwa kurangnya rasa percaya diri murid dalam menghadapi pentas seni dapat
memengaruhi konsentrasi mereka selama latihan. Beberapa murid merasa takut dan
gugup ketika harus tampil di hadapan banyak orang, yang berdampak pada proses
pembelajaran mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan
menganalisis gaya komunikasi pelatih yang dapat meningkatkan rasa percaya dirimurid
dalam menghadapi pentas seni. Penelitian ini menggunakan teori gaya komunikasi
empatik dan asertif, yang menekankan pentingnya hubungan yang terbuka dan empatik
antara pelatih dan murid untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, menggunakan teknik
wawancara, observasi, untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian diharapkan dapat
memberikan pemahaman lebih dalam mengenai gaya komunikasi yang efektif dalam
meningkatkan rasa percaya diri murid di lingkungan seni pertunjukan dan latihan.
Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Pelatih, Rasa Percaya diri