GAYA KOMUNIKASI PELATIH DAN MURID SANGGAR TARI PINCUK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MENGIKUTI PENTAS SENI

Penulis

  • Arigo Daffa Saputra
  • Buddy Riyanto
  • Lukas M Sarungu

Abstrak

ABSTRAK

Komunikasi antara pelatih dan murid di Sanggar Tari Pincuk menunjukkan

bahwa kurangnya rasa percaya diri murid dalam menghadapi pentas seni dapat

memengaruhi konsentrasi mereka selama latihan. Beberapa murid merasa takut dan

gugup ketika harus tampil di hadapan banyak orang, yang berdampak pada proses

pembelajaran mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan

menganalisis gaya komunikasi pelatih yang dapat meningkatkan rasa percaya dirimurid

dalam menghadapi pentas seni. Penelitian ini menggunakan teori gaya komunikasi

empatik dan asertif, yang menekankan pentingnya hubungan yang terbuka dan empatik

antara pelatih dan murid untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif, menggunakan teknik

wawancara, observasi, untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian diharapkan dapat

memberikan pemahaman lebih dalam mengenai gaya komunikasi yang efektif dalam

meningkatkan rasa percaya diri murid di lingkungan seni pertunjukan dan latihan.

Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Pelatih, Rasa Percaya diri

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Daffa Saputra, A., Riyanto, B., & M Sarungu, L. (2025). GAYA KOMUNIKASI PELATIH DAN MURID SANGGAR TARI PINCUK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI MENGIKUTI PENTAS SENI. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11481

Terbitan

Bagian

Artikel