Strategi Komunikasi Pemasaran Integrated Marketing Communication (IMC) Pose In Hotel Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Penulis

  • Agusto Faizal Aziz Universitas Slamet Riyadi
  • Nurnawati Hindra H
  • Estu Widiyowati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari strategi komunikasi pemasaran terpadu
yang dilakukan oleh Pose In Hotel guna meningkatkan jumlah pengunjung.
Komunikasi pemasaran adalah faktor penting dalam persaingan ketat di industri hotel.
Implementasi strategi komunikasi yang efektif dapat meningkatkan daya saing hotel di
tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif akibat globalisasi. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif,
yakni dengan menggambarkan bagaimana startegi komunikasi pemasaran terpadu atau
IMC yang dilakukan oleh Pose In Hotel dalam meningkatkan pengunjung. penliti
mendapatkan data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Pose In Hotel telah melakukan langkah pemasaran sesuai dengan
startegi komunikasi pemasaran terpadu atau IMC yang dipaparkan peneliti yakni: (1)
Pose In Hotel melakukan promosi menggunakan elemen-elemen komunikasi
pemasaran IMC. Perencanaan juga dilakukan secara matang guna dilakukanya promosi
yang berimbang kepada khalayak sasaran (2) menerapkan 8 elemen IMC yakni
advertising, direct marketing, sales promotion, personal selling, word of mouth marketing,
interactive marketing, public relations. Startegi IMC terbukti mampu meningkatkan
pengunjung untuk datang menginap ke Pose In Hotel. Sementara itu setelah adanya
perencanaan serta penerapan, evaluasi juga dirasa menjadi tolak ukur yang penting
untuk mengetahui sejauh mana promosi yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah
pengunjung.
Kata Kunci : Pose In Hotel, Komunikasi Pemasaran terpadu.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Aziz, A. F., Hindra H, N., & Widiyowati, E. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Integrated Marketing Communication (IMC) Pose In Hotel Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11465

Terbitan

Bagian

Artikel