Strategi Pembentukan Brand Image Solo Technopark
Abstrak
Abstrak
Solo Technopark merupakan suatu kawasan terpadu berbasis iptek sebagai pusat inovasi dan vokasi yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar, industri dan bisnis untuk penguatan daya saing daerah. Dengan potensi besar sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi, keberhasilan Solo Technopark sangat bergantung pada persepsi brand image di mata masyarakat, investor, dan talenta teknologi. Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Solo Technopark, pada 1 Agustus 2023 dibentuklah divisi Public Relations (PR) sebagai respons terhadap meningkatnya minat dan kebutuhan informasi tentang kawasan ini. Sebelumnya, komunikasi dan kunjungan ke Solo Technopark dipegang oleh masing-masing divisi, namun dengan terbentuknya divisi Public Relations, pengelolaan informasi menjadi lebih sistematis. Masyarakat memiliki pandangan positif mengenai kualitas lulusan Solo Technopark, yang dianggap memiliki keunggulan di pasar kerja. Hal ini diperkuat oleh testimoni dari alumni yang telah berhasil disalurkan ke industri, menciptakan reputasi yang baik di kalangan masyarakat. Revitalisasi Solo Technopark menjadi langkah strategis penting untuk meningkatkan daya saing kawasan tersebut dengan memperbaiki infrastruktur fisik serta memperkuat identitas dan citra kawasan sebagai pusat inovasi dan pengembangan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembentukan brand image yang tepat untuk memperkenalkan Solo Technopark kepada masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembentukan Solo Technopark setelah adanya tahap revitalisasi untuk membentuk citra yang baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengacu pada teori faktor pembentuk brand image menurut Coaker tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pembentukan brand image Solo Technopark sudah cukup baik dan terstruktur yang dapat dilihat dari aspek kualitas, fasilitas, dan pelayanan setelah adanya revitalisasi. Meskipun citra Solo Technopark sudah dinilai baik oleh pengunjung, tetapi terdapat beberapa aspek yang memerlukan peningkatan contohnya fasilitas area parkir dan keberagaman informasi yang ada di website agar mudah dipahami khusunya untuk masyarakat di luar kota Surakarta.
Kata kunci: Strategi, Brand Image, Solo Technopark