Marketing Communication of Masjid Jajar Boarding School in Obtaining High-achieving Prospective Students
Abstrak
Kualitas santri merupakan salah satu hal yang menjadi fokus utama dalam kelangsungan
sebuah pondok pesantren. Kualitas santri akan berpengaruh pada kondusifitas pondok
pesantren, kelancaran proses belajar mengajar, standar capaian, bahkan berpengaruh
terhadap reputasi pondok pesantren dilingkungan masyarakat. Minimnya santri dengan
kualitas yang unggul di Pondok Pesantren Masjid Jajar memberikan hambatan tersendiri
kepada pondok pesantren tersebut dalam berjalannya mewujudkan cita-cita. Metode
pengumpulan data pada karya ilmiah ini adalah dengan wawancara terbuka dan studi
dokumen. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis Miles
dan Huberman. Permasalahan Pondok Pesantren Masjid Jajar dalam memperoleh calon
santri berprestasi adalah kurang optimalnya komunikasi pemasaran yang diterapkan.
Hasil dari penelitian ini adalah memberikan alternatif komunikasi pemasaran guna
meningkatkan perolehan calon santri berprestasi di Pondok Pesantren Masjid Jajar yang
didukung oleh teori bauran komunikasi pemasaran dari Kotler.