Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Event Thrifting Nglapak Day

Penulis

  • Rifky Wananda Firmandika Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Buddy Riyanto
  • Andri Astuti Itasari

Abstrak

Pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran  telah menjadi strategi yang populer. Hal ini disebabkan oleh kemampuan media sosial untuk mencapai audiens yang luas dengan biaya yang relatif rendah, serta kemampuannya untuk membangun interaksi dan keterlibatan yang lebih dalam dengan audiens begitu pula yang dilakukan oleh Instagram Nglapak Day.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran di event thrifting Nglapak Day. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman. Permasalahan Nglapak Day yaitu kurang mengoptimalkan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran. Hasil dari penelitian ini adalah alternatif saran yang diberikan ke Nglapak Day untuk pengoptimalan media sosial Instagram sebagai media komunikasi pemasaran yang didukung oleh teori Model Sirkuler Some (The Circular Model of SoMe) menurut Regina Luttrell dalam bukunya Social Media: How to Engage, Share, and Connect.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Firmandika, R. W., Riyanto, B., & Astuti Itasari, A. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pada Event Thrifting Nglapak Day. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11422

Terbitan

Bagian

Artikel