Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Membangun Brand Awareness Teh Kota Cabang Surakarta
Abstrak
Trend mengkonsumsi Teh yang terjadi di Indonesia terus mengalami peningkatan, terkhusus di Kota Surakarta. Banyak brand minuman Teh yang bermunculan dan mengembangkan inovasinya masing-masing untuk bersaing dengan brand minuman Teh yang lain. Segala promosi dan penawaran dilakukan agar konsumen mengenali produk dan tertarik dalam membeli produk. Munculnya brand baru Teh Kota mendorong peneliti untuk mengetahui peran strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand Awareness Teh Kota Cabang Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Promotion Mix. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dengan informan yaitu owner, Barista, serta tiga konsumen setia Teh Kota Cabang Surakarta. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa Teh Kota Cabang Surakarta berada dalam tahapan Brand Recognition dengan strategi Promotion Mix yang dipakai adalah Advertising (Periklanan) dan Sales Promotion (Promosi Penjualan).