POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS CYCLING POSER DALAM MEREKRUT ANGGOTA BARU
Abstrak
Komunitas Cycling Poser merupakan salah satu komunitas sepeda yang berasal dari Solo. Komunitas ini di dirikan oleh Angga Septian Hari Wibowo dan Annaz Fauzan pada tahun 2020. Awal mula berdirinya agar melestarikan budaya bersepeda di kota Solo, selain itu adanya work from home membuat Angga Annaz mencari kegiatan yang berbau dengan olahraga. Empat tahun berjalan kondisi komunitas ini semakin meningkat, banyak orang yang sudah mengenal komunitas ini dan ingin menjadi anggota komunitas. Muncul pertanyaan yang berasal dari latar belakang, bagaimana cara pola komunikasi komunitas Cycling Poser dalam merekrut anggota baru? Apa hambatan dalam merekrut anggota pada komunitas ini?Pada kesempatan ini peneliti menggunakan teori pola komunikasi menurut Joseph A Devito, teori ini memiliki lima pola, yaitu pola lingkaran, pola roda, pola Y, pola rantai dan pola bintang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada komunitas Cycling Poser mengunakan pola komunikasi bintang, selain itu ada hambatan yang terjadi yaitu, adanya ketidak cocokan antar individu menjadi kendala utama dalam merekrut anggota baru, sehingga membuat pendiri lebih extra dalam menjalin persahabatan dan silaturahmi.
Kata kunci: Komunikasi, Pola komunikasi dan Komunitas Cycling Poser