STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI KETUA KARANG TARUNA TUNAS MEKAR DALAM EVENT TUNAS MEKAR CUP IV
Abstrak
Setiap kegiatan dalam sebuah organisasi berhasil atau tidaknya kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh strategi komunikasi, strategi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan.Tujuan dari penelitian ini yakni guna melihat strategi komunikasi organisasi Ketua Karang Taruna Tunas Mekar dalam event Tunas Mekar Cup IV. penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi organisasi. Jenis dan metode penelitian menggunakan data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumen, buku, dan jurnal. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu Purpose Sampling, sedangkan untuk menguji kredibilitas menggunakan Triangulagi Sumber dan di analisa dengan metode analisis interaktif yang dikembangkan oleh Mattew B. Milles dan A. Michel Huberman yaitu kondensasi data, menyajikan data, kemudian ditarik kesimpulan atau verifikasi. Dalam menjalankan sebuah event Tunas Mekar Cup IV memerluhkan tahapan-tahapan strtaegi komunikasi yaitu Perumusan strategi, Implementasi Strategi, dan Evaluasi Strategi. Dalam perumusan Strategi peneiliti menggunakan perencanaan strategi komunikasi untuk mencapai sebuah keberhasilan. Dalam perencanan strategi komunikasi sendiri menggunakan model perencanaan dari Cangara Hafied yakni, Model Perencanaan Komunikasi Alur Tanda “?â€. Dalam target tim yang dipilih harus memiliki kualitas dan loyalitas yang tinggi. Mengadakan event Tunas Mekar Cup IV berlandaskan tujuan awal yaitu memberikan wadah generasi muda dan memberikan hiburan kepada masyarakat. Pesan yang digunakan berupa pesan yang bersifat persuasif dan informatif. Membangun komitmen event Tunas Mekar Cup IV masih menggunakan nilai-nilai dan teknis terdahulu serta meningkatkan komitmen. Pemilihan dan penggunaan media dalam penyampaian pesan dengan media online dan media cetak. Membuat rencana komunikasi bisa dengan negosiasi langsung,konsep media yang digunakan,perizinan pihak terkait,proposal sponsor dan donatur, evaluasi keberhasilan. Dalam implementasi strategi komunikasi dalam event Tunas Mekar Cup IV membutuhkan kolaborasi antar pihak.ketua mengatasi permasalahan anggota dengan cara pendekatan personal kepada anggota yang lari dari tugas yang diberikan. Keberasilan event Tunas Mekar Cup IV bisa di dapatkan dengan seluruh anggota panitia melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Evaluasi strategi komunikasi karang taruna tunas mekar melakukan dengan membentuk forum grup discussion (FGD) dan evaluasi kinerja individu dan tim. kesimpulan dari penelitian ini yakni strategi komunikasi Ketua Karang Taruna Tunas Mekar dalam event Tunas Mekar Cup IV dapat dikatakan belum sesuai dengan harapan, namun dalam pelaksanaanya masih tetap berjalan lancar.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Organisasi, Tahapan Strategi Komunikasi, Karang Taruna, Model Perencanaan Alur Tanda,