ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO METTA SOLO FM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH IKLAN
Abstrak
Radio memiliki peran penting dalam proses penyampaian informasi melalui program-program siarannya seperti program musik, berita, dan iklan. Pada era globalisasi yang sekarang pengelola radio harus berusaha agar radio tetap eksis agar tidak tersingkir oleh perkembangan globalisasi. Radio Metta FM pada awalnya merupakan radio keluarga yang pendengarnya dari semua usia, namun sekarang Radio Metta sudah beralih menjadi radio lifestyle dimana pendengarnya dari usia 10 sampai 50 tahun. Perubahan radio tersebut mengakibatkan program-program juga mengalami perubahan, oleh karena itu diperlukan manajemen dari marketing untuk menjual program-program baru yang ada di Metta FM agar tetap ada iklan yang masuk di radio tersebut. Dengan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen komunikasi Radio Metta Solo FM dalam meningkatkan jumlah iklan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis SOSTAC oleh Chaffey dan Smith. Sumber data terdiri dari data primer yaitu wawancara dan observasi, serta data sekunder yaitu dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi pemasaran Radio Metta Solo FM dalam meningkatkan jumlah iklan sudah cukup baik dibuktikan dengan peningkatan jumlah iklan secara signifikan.