STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITA PELANGGAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Supermarket Mitra10 Solo Baru dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 3 orang manajemen Supermarket Mitra10 Solo baru dan 3 orang pelanggan setianya, serta observasi langsung di perusahaan. Teori yang digunakan untuk menunjukkan loyalitas pelanggan Supermaket Mitra10 Solo Baru merupakan teori tahapan promotion mix berupa advertising, sales promotion, public relations, dan personal selling yang dikemukakan oleh Kotler (2016). Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi pemasaran yang terencana dan terarah mampu mempertahankan loyalitas pelanggan di Supermarket Mitra10 Solo Baru. Implementasi teori tahapan promotion mix merupakan faktor kunci dalam menciptakan dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Kata kunci: Supermarket Mitra10, komunikasi pemasaran, promotion mix