Komunikasi Organisasi Kantor Desa Tanjung Kecamatan Juwiring Klaten untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa dalam Pemberian Pelayanan pada Masyarakat
Abstrak
ABSTRAK
Pelayanan merupakan hak bagi seluruh masyarakat namun ternyata hak masyarakat atau perorangan untuk memperoleh pelayanan dari aparat pemerintah terasa belum memenuhi harapan semua pihak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi organisasi perangkat desa dalam pemberian pelayanan pada masyarakat. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran komunikasi organisasi di Kantor Desa Tanjung Juwiring Klaten adalah menciptakan sistem pelayanan yang baik, dimana komunikasi ke bawah berupa instruksi, komunikasi ke atas berupa laporan dan horizontal berupa koordinasi sudah berjalan dengan baik, tetapi di dalam proses pelayanan belumlah maksimal karena masih terdapat kekurangan di dalam keramahan perangkat desa dalam pemberian pelayanan ke masyarakat.
Kata Kunci : komunikasi organisasi, pelayanan, kinerja