Strategi Komunikasi Pemasaran Museum Private Tumurun Dalam Mempertahankan Kunjungan Wisatawan
Abstrak
Museum sering dianggap kuno dan menakutkan oleh sebagian orang karena suasana dan tempat yang terkesan jadul. Namun beberapa museum di Indonesia, termasuk Museum Private Tumurun berhasil mengubah pandangan tersebut dengan menyajikan koleksi seni modern dan kontemporer yang menarik. Museum ini tidak hanya bertujuan sebagai tempat penyimpanan karya seni, tetapi juga sebagai ajang edukasi dan untuk memperkenalkan seniman lokal kepada generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Museum Private Tumurun untuk mempertahankan daya tariknya bagi pengunjung. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara, dan survei. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara terhadap assistant manager dan tour guide sebagai pengelola dan karyawan yang turut andil dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan kunjungan wisatawan di museum serta melakukan wawancara bersama pengunjung dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis penelitian, pengelola Museum Private Tumurun melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan kunjungan wisatawan di museum yaitu dengan kegiatan Advertising (periklanan), Sales Promotion (promosi penjualan), Public Relation (hubungan masyarakat), Personal Selling (perjualan personal), dan Events Experiences (pengalaman acara). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengelola museum, Museum Private Tumurun berhasil mempertahankan kunjungan wisatawan. Terbukti dari banyaknya masyarakat yang sudah mulai tahu akan Museum Private Tumurun sehingga menarik minat mereka untuk mengunjungi museum tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang tepat dapat membawa kesuksesan dalam menarik dan mempertahankan pengunjung.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, Museum Private Tumurun.