Strategi Rebranding Guna Meningkatkan Brand Awareness

(Studi Kasus Revitalisasi Lokananta Sebagai Ruang Publik di Surakarta)

Penulis

  • Reza Puspitasari Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Nurnawati Hindra Hastuti
  • Fikriana Mahar Rizqi

Abstrak

Lokananta sebelumnya merupakan sebuah studio rekaman pertama di Indonesia yang terletak di Kota Solo, sekarang telah bertransformasi menjadi ruang publik dengan destinasi wisata edukatif. Setelah mengalami proses revitalisasi dan mengubah tujuan bisnisnya, Lokananta Surakarta menciptakan visi untuk menjadi Creative and Commercial Hub bagi para musisi, seniman, dan UMKM Lokal sehingga dapat memberikan dampak sosial, pertumbuhan ekonomi, dan pelestarian budaya Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk megetahui dan mendeskripsikan strategi rebranding yang dilakukan oleh Lokananta setelah direvitalisasi untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Dalam menjalankan proses rebranding-nya, Lokananta menggunakan beberapa strategi utama, diantaranya: 1. Repositioning 2. Renaming, 3. Redesigning, 4. Relaunching. Tidak berhenti sampai disitu saja, untuk mempertahankan dan meningkatkan brand awareness-nya, Lokananta menggunakan beberapa strategi seperti: publication, events, community building, inform or image, lobbying and negotiation, dan social reponsibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lokananta telah berhasil melakukan rebranding dengan mempertahankan peran utamanya sebagai industri rekaman Indonesia sambil memberikan pengalaman berharga bagi pengunjung.

Kata Kunci: Rebranding, Lokananta, Ruang Publik, brand awareness

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Puspitasari, R., Hindra Hastuti, N., & Mahar Rizqi, F. (2025). Strategi Rebranding Guna Meningkatkan Brand Awareness: (Studi Kasus Revitalisasi Lokananta Sebagai Ruang Publik di Surakarta). Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11168

Terbitan

Bagian

Artikel