Pemanfaatan Media Sosial Instagram @agendasolo sebagai Media Informasi bagi Masyarakat Surakarta
Abstrak
Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan bahwa hingga akhir 2023 terdapat 1.615 isu hoaks melalui media sosial, seperti isu hoaks mengenai event spesial yang mengatasnamakan Kemenparekraf RI yang telah meresahkan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram @agendasolo sebagai media informasi bagi masyarakat Surakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data primer menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta pengumpulan data sekunder menggunakan sumber online. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan adalah Teori Pengelolaan Media Sosial 4C Chris Heuer terdiri dari Context, Communication, Collaboration dan Connection. Hasil penelitian ini adalah akun Instagram @agendasolo bermanfaat dalam memberikan segala bentuk informasi Kota Surakarta dengan memanfaatkan fitur yang ada serta memperhatikan aspek penting dalam pengelolaan media sosial yaitu, Context, Communication, Collaboration dan Connection sehingga akun Instagram @agendasolo merupakan akun media sosial yang bermanfaat sebagai sumber informasi bagi masyarakat Surakarta
Kata kunci: Instagram, Media Sosial, Sumber Informasi, Akun Instagram @agendasolo