STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TELAGA KUSUMA KARANGANYAR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, Telaga Kusuma, Desa Wisata, Karanganyar

Penulis

  • Helga Woro Indarti UNIVERSITAS SLAMET RIYADI
  • Nurnawati Hindra Hastuti
  • Estu Widiyowati

Abstrak

Saat ini terdapat 1073 desa yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata. Konsep desa wisata ini juga digunakan oleh kabupaten Karanganyar untuk mengembangkan sektor ekonomi dengan melibatkan beberapa desa sebagai desa wisata. Salah satunya kecamatan Jumantono dengan Desa wisata Telaga Kusuma. Agrowisata dan Waterpark Telaga Kusuma merupakan salah satu wisata tebaru di Kabupaten Karanganyar yang terletak di desa Tunggulrejo Kecamatan Jumantono. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan hal-hal yang terkait dengan upaya Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Telaga Kusuma Karanganyar Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang difokuskan pada bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran yang ada pada Telaga Kusuma dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dengan para informan-informan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan srategi komunikasi pemasaran terpadu pada Telaga Kusuma Karanganyar meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi komunikasi pemasaran terpadu. Telaga kusuma memiliki  yang merangkap menjadi Humas,  Telaga Kusuma mempunyai peran yang amat penting dalam promosi wisata Telaga Kusuma yang membuat Telaga Kusuma memiliki daftar jumlah pengunjung yang tidak pernah sepi. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan beberapa model komunikasi pemasaran seperti Word Of Mouth dan Sosial Media.

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Indarti, H. W., Hindra Hastuti, N., & Widiyowati, E. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TELAGA KUSUMA KARANGANYAR DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN: Komunikasi Pemasaran, Integrated Marketing Communication, Telaga Kusuma, Desa Wisata, Karanganyar. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11099

Terbitan

Bagian

Solidaritas Vol 1