PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI MEMBACA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI ISOLO SEBAGAI PERPUSTAKAAN DIGITAL DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2024

Penulis

  • Isnaini Isnaini Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Joko Suranto
  • Riska Wirawan

Abstrak

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan motivasi membaca terhadap kepuasan pengguna aplikasi iSolo di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta. Variabel kualitas pelayanan dalam penelitian ini menggunakan teori service quality oleh Parassuraman Valerie Zeithmal dan Leonard Berry 1988 dengan dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Variabel motivasi membaca menggunakan Self Determination Theory oleh Ryan & Deci Tahun 2000 dengan dimensi autonomy, competence, dan relatedness. Variabel kepuasan pengguna diukur menggunakan indikator yang dikemukakan oleh Tjiptono yaitu kesesuaian harapan, minat melakukan penggunaan ulang, dan kesediaan merekomendasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dalam bentuk hubungan kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pengguna aplikasi iSolo yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampel secara acak dengan sampel sebanyak 96 responden. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengujian statistik dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh rendah terhadap kepuasan pengguna aplikasi iSolo di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta, sedangkan motivasi membaca berpengaruh sangat rendah terhadap terhadap kepuasan pengguna aplikasi iSolo di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta. Kualitas pelayanan dan motivasi membaca secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi iSolo di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surakarta dengan nilai Fhitung 26,031. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,345 yang artinya 34,5% variabel kepuasan pengguna dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan motivasi membaca, sedangkan 65,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Motivasi Membaca, Kepuasan Pengguna

Diterbitkan

2025-01-23

Cara Mengutip

Isnaini, I., Suranto, J., & Wirawan, R. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI MEMBACA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI ISOLO SEBAGAI PERPUSTAKAAN DIGITAL DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SURAKARTA TAHUN 2024. Solidaritas, 8(2). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11047

Terbitan

Bagian

Solidaritas: Volume 2 No 2