Persepsi Followers dalam Media Sosial Tiktok Terhadap Akun @Mas Dolan Sebagai Media Referensi Wisata (Studi Kualitatif pada followers di wilayah karanganyar)
Abstrak
Penggunaan tiktok sebagai media referensi wisata telah menjadi peranan yang efektif dibandingkan dengan media lama sehingga menimbulkan berbagai persepsi bagi para pengguna yang mengakses. Akun tiktok mas dolan merupakan suatu akun yang dapat menyajikan sebuah konten destinasi wisata yang hidden gems. Sehingga dari banyaknya referensi yang tersedia sering menimbulkan persepsi antar followers mengenai penggunaan media sosial yang tidak hanya sebagai media hiburan saja. Penelitian ini bertujua untuk menganalisis bagaimana persepsi followers dalam media sosial tiktok terhadap akun mas dolan sebagai media referensi wisata. Dengan menggunakan teori persepsi yang dikemukakan oleh Bernard Berelson yang terbagi menjadi 3 yaitu sensasi, atensi dan interpretasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif untuk mengamati fenomena yang diteliti dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah informan merasa positif dengan adanya akun mas dolan dengan tampilan visual didalam kontennya dengan menambahkan narasi yang cukup menarik sehingga dapat memberikan informasi yang detail, menambah wawasan mengenai tempat wisata yang jarang diketahui, dan dapat membuka relasi antar followersnya.
Kata kunci : persepsi, followers, media sosial tiktok