Strategi Komunikasi Affiliator Pada Program Tiktok (Studi Kasus Pada Akun Tiktok @Yogaade)

Studi Kasus Pada Akun Tiktok @Yogaade

Penulis

  • Rossy Aprilia Putri Slamet Riyadi Surakarta University
  • Maya Sekar Wangi
  • Fikriana Mahar Rizqi

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan oleh affiliator pada program Tiktok agar dapat mempengaruhi perilaku pengguna dalam mengikuti dan membeli produk yang direkomendasikan oleh affiliator pada akun TikTok @yogaade. Penelitian menggunakan pendekatan dengan teori Anwar Arifin yang mencakup langkah-langkah seperti mengenal khalayak, menentukan pesan, menetapkan metode,menetapkan media. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengunakan metode observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data,mereduksi data, menyajikan data dan penarik kesimpulan atau verifikasi. Bedasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu Yoga Ade mengenali khalayaknya melalui segmentasi audiens, memahami User Persona, dan melakukan penelitian keyword. Yoga Ade dalam menentukan pesan kontennya dengan mempertimbangkan tujuan konten, nilai merek yang dipromosikan, dan pemahaman target audiens. Metode pada kontennya melibatkan pembuatan konten menarik, jadwal konten, penggunaan alat sosial, analisis konten, audit media sosial, pengawasan kompetisi, dan identifikasi kata kunci. Dengan memilih TikTok sebagai platform media sebagai affiliator, Yoga Ade berhasil menjangkau khalayaknya yang terutama berusia 18-30 tahun, terutama wanita. Meskipun berhasil, ia juga mengalami hambatan seperti menentukan bahasa yang menarik, pendapatan rendah pada saat operasional TikTok Shop ditutup untuk sementara waktu. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini yakni Strategi Komunikasi affiliator program TikTok (studi pada akun TikTok @yogaade) dalam mempengaruhi perilaku pengguna dalam mengikuti dan membeli produk yang direkomendasikan oleh affiliator pada akun TikTok @yogaade dapat dikatakan berhasil.

Kata kunci : Strategi Komunikasi, Tiktok, Affiliator, Mengenal Khalayak, Menentukan Pesan, Menetapkan Metode,Menetapkan Media.

Biografi Penulis

Rossy Aprilia Putri, Slamet Riyadi Surakarta University

Communication

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Aprilia Putri, R., Wangi, M. S., & Rizqi, F. M. (2024). Strategi Komunikasi Affiliator Pada Program Tiktok (Studi Kasus Pada Akun Tiktok @Yogaade): Studi Kasus Pada Akun Tiktok @Yogaade. Solidaritas, 8(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10654

Terbitan

Bagian

Artikel