TEKNIK SINEMATOGRAFI PADA INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Pada Cinematic Wedding di Instagram @panic.artwork)

Studi Kasus Pada Cinematic Wedding di Instagram @panic.artwork

Penulis

  • Naufal Rafiif Septiawan UNIVERSITAS SLAMET RIYADI
  • Herning Suryo
  • Muadz Muadz

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai peran Teknik Sinematografi, sebuah metode yang
menggabungkan video dan teks untuk menghasilkan visual profesional, terutama dalam
konteks Wedding Sinematografi. Salah satu penyedia jasa yang menerapkan Teknik
Sinematografi adalah Panic Artwork Photography di Surakarta, didirikan oleh Rijal Nasyirul
Haq pada tahun 2014. Mereka menggunakan teknik ini sebagai media komunikasi pemasaran,
menciptakan cinematic wedding untuk menarik perhatian calon pengantin dan meningkatkan
jumlah pelanggan yang dimilikinya Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peran Teknik
Sinematografi pada Instagram sebagai strategi komunikasi pemasaran di akun @panic.artwork.
Melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini bertujuan
memahami bagaimana Teknik Sinematografi berfungsi sebagai komunikasi pemasaran yang
menarik perhatian konsumen. Dengan menggunakan Teori Sinematografi dan Marketing Mix,
penelitian ini membuktikan bahwa Teknik Sinematografi dalam marketing cinematic wedding
efektif menarik minat konsumen melalui platform Instagram. Hasil penelitian menyimpulkan
bahwa Teknik Sinematografi di Instagram, khususnya oleh @panic.artwork, menggunakan
angle shot, type shot, composition, continuity, dan cutting sebagai kunci utama dengan
melibatkan pengantin dan memperkuat pesan pemasaran. Panic Artwork secara cerdas
memanfaatkan teknik Sinematografi sebagai strategi utama dalam elemen "Promotion" pada
marketing mix, sementara elemen lain seperti Product, Price, dan Place juga dioptimalkan
dengan baik. Inovasi Teknik Sinematografi memungkinkan Panic Artwork untuk menciptakan
konten visual yang memukau dan bermakna, meningkatkan daya tarik pada setiap karya yang
dipromosikan.

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Septiawan, N. R., Suryo, H., & Muadz, M. (2024). TEKNIK SINEMATOGRAFI PADA INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Pada Cinematic Wedding di Instagram @panic.artwork): Studi Kasus Pada Cinematic Wedding di Instagram @panic.artwork. Solidaritas, 8(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10617

Terbitan

Bagian

Artikel