PERSEPSI PENONTON CHANNEL YOUTUBE NAJWA SHIHAB PADA KONTEN “30 TAHUN DEWA 19: MENDEKATI KEABADIANâ€
Abstrak
"30 Tahun Dewa 19: Mendekati Keabadian†merupakan salah satu konten video youtube Najwa Shihab yang telah ditonton oleh lebih dari 1,9 juta kali serta mendapatkan komentar sebanyak 6,538. Dari sekian banyaknya penonton video tersebut, masing-masing penonton memiliki persepsi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan persepsi penonton channel youtube Najwa Shihab pada konten youtube “30 Tahun Dewa 19: Mendekati Keabadianâ€. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun obyek pada penelitian ini merupakan persepsi penonton pada konten youtube Najwa Shihab berjudul “30 Tahun Dewa 19: Mendekati Keabadian†yang diupload pada 12 februari 2023. Data pada penelitian ini merupakan persepsi penonton pada konten youtube Najwa Shihab berjudul “30 Tahun Dewa 19: Mendekati Keabadian†yang diperoleh melalui wawancara dengan para informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa informan mempersepsikan Dewa 19 sebagai salah satu band legendaris yang mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Hal ini dibuktikan melalui video dokumentari Najwa Shihab yang berjudul “30 Tahun Dewa 19: Mendekati Keabadian†yang merupakan salah satu bukti eksistensi dewa 19 yang mampu bertahan hingga 30 tahun, meskipun dalam perjalanannya sendiri Dewa 19 telah beberapa kali bergonta-ganti personil. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi dari para informan yaitu objek yang dipersepsikan serta pengalaman informan.