Peran Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Loyalitas Karyawan McDonalds The Park Solo Baru
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran komunikasi organisasi dalam upaya
meningkatkan loyalitas karyawan di McDonalds’s The Park Solo Baru. Jenis
penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan
purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan
dokumentasi. Triangulasi yang dilakukan adalah triangulasi sumber dan metode.
Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa komunikasi organisasi dalam meningkatkan loyalitas
karyawan di McDonalds The Park Solo Baru terdiri dari komunikasi ke atas,
komunikasi ke bawah dan komunikasi horisontal. Komunikasi ke bawah
merupakan bentuk instruksi dan juga pengawasan terhadap karyawannya,
komunikasi ke atas berbentuk partisipasi karyawan terhadap organisasi sedangkan
komunikasi horisontal berbentuk koordinasi dalam pelaksanaan kerja di
McDonalds The Park Solo Baru. Komunikasi organisasi berperan dalam
meningkatkan loyallitas karyawan. Faktor yang menunjukkan keberhasilan
komunikasi organisasi memberikan peran untuk meningkatkan loyalitas karyawan
adalah dengan penerapan komunikasi secara kekeluargaan sehingga karyawan
merasa nyaman dan betah bekerja.