Komunikasi Persuasif Menggunakan Teknik Suggestive Selling dalam Transaksi Penjualan Terhadap Tingkat Penjualan pada Outlet Restaurant Pizza Hut Solo Square
Abstrak
Berawal dari fenomena penurunan penjualan yang terjadi pada outlet restoran Pizza Hut Solo Square, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi persuasif menggunakan teknik suggestive selling dalam transaksi penjualan terhadap tingkat penjualan di outlet Restoran Pizza Hut Solo Square, menggunakan metode kualitatif deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini dibuat agar dapat memberikan informasi wawasan kepada pembaca tentang bagaimana proses komunikasi persuasif menggunakan teknik suggestive selling yang dilakukan staf kasir kepada konsumen Pizza Hut Solo Square. Hasil penelitian yang dibuat menunjukan bahwa, proses komunikasi persuasif dengan teknik suggestive selling yang dilakukan dalam transaksi penjualan oleh staf kasir kepada konsumen, yaitu dengan sikap yang ramah, menggunakan kalimat yang tidak terkesan memaksa serta memberikan perhatian dan menjadi pendengar bagi konsumen membuat konsumen merasa nyaman dan percaya diri melakukan transaksi, sehingga staf kasir dapat merekomendasikan produk tambahan yang bermanfaat bagi konsumen, berupa penjualan paket combo (upselling) dan penjualan menu pelengkap (cross selling). Suggestive selling tersebut tidak hanya menguntungkan konsumen namun juga outlet restoran Pizza Hut Solo Square. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa, proses yang dilakukan staf Pizza Hut Solo Square dalam mempengaruhi konsumen menggunakan komunikasi persuasif dengan teknik suggestive selling tersebut lebih memberikan dampak yang maksimal terhadap tingkat penjualan outlet Pizza Hut Solo Square.
Kata kunci: Komunikasi Persuasif, Suggestive Selling