Strategi Branding Produk Toko Souvenir Solo Melalui Media Sosial Tik Tok
Abstrak
Seiring berkembangnya zaman pasar bisnis di Indonesia mengalami persaingan yang semakin ketat toko Souvenir Solo melakukan Branding Produk Souvenir Solo Melalui Media Sosial Tik Tok dengan latar belakang banyak perusahaan yang telah menjadikan media sosial Tik Tok menjadi wadah untuk memperkenalkan dan mengembangkan produknya, tujuan dari penelitin ini adalah penulis meneliti bagaimana strategi branding produk souvenir Solo melalui media sosial Tik Tok sehingga dapat mengetahui strategi branding dan memberikan tambahan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam strategi branding dalam media Tik Tok dalam bidang Ilmu Komunikasi dan menjadikan referensi peneliti lain mengenai strategi branding dalam dunia pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi branding yang dilakukan oleh Souvenir Solo melalui media sosial Tik Tok menguunakan teory Keprefer dalam (Konecnik & Go, 2013) memperkenalkan model berbentuk heksagonal, atau identitas merek prisma, yang didasarkan pada enam elemen utama, yaitu brand identity pertama physique (fisik) dengan Segala sesuatu yang menjadi ciri khas Souvenir Solo. Kedua Personality (kepribadian) yang mendasarkan persepsi request konsumen yang menggambarkan tema acara. Ketiga culture (budaya) pada logo atau motif terdapat unsur budaya yang dapat menandakan sebuah kepemilikan. Keempat relationship (hubungan) relasi yang ada atau media partner seperti perusahaan, vendor, Wedding Organizer (WO). Kelima reflection or image (refleksi atauu gambar) gambaran secara visual simbol, logo, nama. Keenam self-image (citra diri) Reputasi baik, atau persepsi pelanggan terkesan baik dan puas atas hasil produk yang dipesan di Souvenir Solo. saran yang diberikan oleh peneliti terhadap pihak Souvenir Solo yaitu dalam pemasaran relationship (hubungan) yang dilakukan oleh toko souvenir solo yaitu diharapka dapat mempertahankan pelayanan yang diberikan serta kualitas dan kuantitas yang sudah diberikan.