KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA KURIR DENGAN PELANGGAN (Studi Kasus Jasa Pengiriman Cash On Delivery (COD) Shoope Express Hub Bendosari)
Studi Kasus Jasa Pengiriman Cash On Delivery (COD) Shoope Express Hub Bendosari
Abstrak
Tingginya minat belanja online serta banyaknya macam pilihan metode pembayaran, ada dengan sistem transfer lebih dahulu ada juga yang lewat pembayaran ditempat atau sering kita artikan dengan istilah COD atau Cash On Delivery, COD atau Cash on Delivery merupakan salah satu bentuk transaksi jual beli tempat penjual dan pembeli bertemu langsung di lokasi yang sama setuju atau tidak dengan apa yang mereka janjikan selama komunikasi melalui pesan singkat atau Whatsapp dan sebagainya. Dengan menggunakan kegiatan COD (Cash on Delivery) akan lebih mudah serta praktis, seperti penetapan harga serta proses untuk bernegosiasi pembeli dengan kata lain ada uang ada barang juga dilakukan dengan komunikasi yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang komunikasi interpersonal antara kurir Shopee Express hub Sukoharjo dengan customer shoope pada saat transaksi COD. Metodologi yang peneliti lakukan untuk pengumpulan data yakni dengan kualitatif serta untuk penentuan informan dengan cara Purposive Random Sampling yakni dengan cara pemilihan informan dengan menambahkan komponen tertentu untuk mendapatkan jumlah informan yang kita diharapkan. Dalam penelitian ini menggunakan teori dari Harold D Lasswell lalu Hasilnya komunikasi interpersoanal kurir terhadap customer tidak terjadi kesalahpahaman penyampaian pengiriman paket COD ini sehingga tidak menimbulkan masalah serta bisa menguntungkan bagi kurir maupun customer yang menerima paket tersebut.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Cash On Delivery, Kurir, Customer