STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN KARTU KELUARGA DAN KARTU TANDA PENDUDUK PADA KANTOR PEMERINTAHAN KECAMATAN COLOMADU

Penulis

  • Moh Yusuf Afandi Universitas Slamet Riyadi
  • Suwardi
  • Sri Riris Sugiyarti

Abstrak

Penelitian ini adalah “ Standar Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Kartu
Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Pada Kantor pemerintahan Kecamatan
Colomaduâ€. Di Kecamatan Colomadu perlu adanya peningkatan pelayanan
karena masih ditemukan masalah keterlambatan dalam pembuatan dan
penerbitan dokumen administrasi kependudukan karena SOP belum berjalan
secara maksimal.

Standar Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Kartu Keluarga dan Kartu
Tanda Penduduk Pada Kantor pemerintahan Kecamatan Colomadu dianalisis
menggunakan teori kualitas pelayanan administrasi publik dari Zeithaml, Berry
dan Parasuraman dalam Fandy Tjiptono, (2005:70), terdapat 5 indikator yaitu
dimensi berwujud, dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan kualitas
pelayanan, peduli. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa standar
pelayanan public dalam pembuatan KK dan KTP di Kantor pemerintahan
Kecamatan Colomadu sudah baik seperti memiliki fasilitas pendukung
pelayanan, prosedur pelayanan yang jelas kemampuan pegawai dalam
menggunakan alat bantu saat proses pelayanan, kemampuan pegawai dalam
memberi informasi kepada masyarakat, merespon setiap pengguna layanan yang
ingin mendapatkan pelayanan, memberikan jaminan biaya dan jaminan
kepastian dalam pelayanan KK dan KTP, pelayanan publik Kecamatan
Colomadu sudah menerapkan peduli dan mendahulukan kepentingan pengguna
layanan pegawai melayanai dengan sopan santun dan tidak diskriminatif,
pegawai juga menerima saran dan kritikan yang diberikan masyrakat
Kata kunci : Standar Pelayanan Publik

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Afandi, M. Y., Suwardi, & Sugiyarti, S. R. (2024). STANDAR PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN KARTU KELUARGA DAN KARTU TANDA PENDUDUK PADA KANTOR PEMERINTAHAN KECAMATAN COLOMADU. Solidaritas, 8(1). Diambil dari https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10229

Terbitan

Bagian

Artikel