IMPLEMENTASI METODE MULTISENSORI UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA DI SD NEGERI KESTALAN
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4032Keywords:
multisensory method, reading difficultiesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 2) hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 3) kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran secara langsung yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran jarak jauh belum terlaksana dengan optimal. (2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran secara langsung pada aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata 80, aspek psikomotorik menunjukkan nilai rata-rata 84, dan aspek afektif menunjukkan hasil yang bagus. Sedangkan pada pembelajaran jarak jauh hasil belajar peserta didik meningkat, rata-rata aspek kognitif menjadi 83, rata-rata aspek psikomotorik menjadi 82, penilaian afektif menunjukan hasil yang bagus. (3) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
References
Ade Husnul dan Muhammad Ihsan Nugraha. 2010. Menguasai Teknik Membaca Memindai. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Afifudin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Christiana Hari Soetjiningsih. 2014. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Yogyakarta: Kencana.
Ulfi Pebri Rahmawati. 2017. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 1 Notorejo Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Education.
Farida Rahim. 2007. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Khusna Yulinda Udhiyanaari. 2019. Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II SD N Manahan Surakarta. Jurnal Pendidikan. 3(1). 39-50.
Lucky Ade Sessiani. 2007. Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak. Junal Pendidikan. 1-113.
Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL SINEKTIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.