PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA DIRIKU PADA PESERTA DIDIK KELAS I
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2806Keywords:
Media Kartu, Kartu Bilangan, Hasil Belajar, Matematika, Diriku.Abstract
Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar Matematika Tema Diriku pada peserta didik Kelas I SDN Kabongan Kidul di Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan penggunaan media kartu bilangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 22 anak. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian adalah hasil belajar meningkat. Hasil belajar pada Kondisi Awal dengan nilai rata-rata sebesar 60,9 dan ketuntasan sebesar 36,36%. Hasil belajar pada Siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 70,45 dan ketuntasan sebesar 63,63%. Hasil belajar pada Siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 82,72 dan ketuntasan sebesar 90,9%.
References
Sanaky, Hujair. 2011. Media Pembelajaran, Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sofiah, Siti. 2013. Eksplorasi Bentuk-bentuk Geometri dengan Berbagai Media untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Kelompok A1 TK Masyithoh Tunas Bangsa, Karangluhur, Kalianget, Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013. Semarang: Skripsi Jurusan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (UNNES). Tidak dipublikasikan.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Press.
Widiastuti. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Lidi pada Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Banaran Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Tidak dipublikasikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.