IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DI KABUPATEN ACEH TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33061/js.v1i2.2804Keywords:
Model Pembelajaran, Keunggulan Lokal, KarakterAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui kondisi objektif tentang keunggulan local dalam pembelajaran matematika, untuk merancang model pembelajaran matematika yang berbasis keunggulan lokal siswa kelas IV, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran matematika berbasis keunggulan lokal di Kabupaten Aceh Tengah. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD se-kecematan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran guru dan buku pegangan matematika yang digunakan saat ini belum mengaitkan dengan karakter diri siswa dan potensi local daerah. (2) Selama proses pembelajaran matematika yang berbasis keunggulan lokal dan karakter potensi diri siswa antusias untuk belajar matematika. Disain pembelajaran matematika sekolah dasar yang berbasis keunggulan lokal yang telah dirancang mendapat respon yang baik dari semua siswa yaitu sebesar 83,74% siswa memberikan respon positif. Dari hasil tersebut diharapkan model pembelajaran matematika di kelas harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai maksimal.
Â
References
Ahmad Sudrajat, 2008. Metode Dan Teknik Pembelajaran. www.wijayalabs.wordpress.com
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. (Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.