PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MENGASUH ANAK AUTIS DI PONOROGO

Authors

  • Arida Yuan Nadila Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v6i1.5876

Keywords:

Parent Experience, Autistic Child Care

Abstract

This article aims to distribute and explore the experiences of parents in caring for autistic children in Ponorogo. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach, with data collection techniques triangulation of data, and data analysis using Miles and Huberman as well as conducting discussions to support the validity of the conclusions obtained. From this research, it is known about 1) parental self-acceptance, 2) identification of special needs of autistic children, 3) stimulation of the development of autistic children.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendistribusikan dan mengeksplorasi pengalaman orangtua dalam mengasuh anak autis di Ponorogo. Penelitian ini menggunalan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data trianggulasi data, dan analisis data menggunakan miles and huberman serta melakukan diskusi untuk mendukung validitas kesimpulan yang diperoleh. Dari penelitian ini diketahui mengenai 1) sikap penerimaan diri orangtua, 2) identifikasi kebutuhan khusus anak autis, 3) stimulasi perkembangan anak autis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Labir, I. K., Susy Natha Astini, P., & Nopyari, N. L. P. (2020). Pola Asuh Orang Tua Yang Memiliki Anak Autis. Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Denpasar, Vol. 9 No., 57–63.

Maha, R. N., & Harahap, R. (2020). Perkembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autisme. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 157–164. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22047

Nina Miftahul Hairi. (2019). Pengaruh Gaya Pengasuhan Authoritative Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak di TK Negeri 10 Bengkulu Selatan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Rahayu, S. M. (2015). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2900

Setyaningsih, W. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Autisme di SLB Harmoni Surakarta. Jurnal Kesehatan, Volume VI, 123–129.

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo Wardani, D. (2009). Strategi Coping Orang Tua Menghadapi Anak Autis. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1), 26–35. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/1628/1158

Suteja, J., & Wulandari, R. (2013). Bentuk dan Model Terapi Terhadap Anak-Anak Penyandang Autisme (Keterbelakangan Mental). Scientiae Educatia, 2(April), 113–124.

Widjaja, A. H., Wijayanti, W., & Yulistyaputri, R. (2020). Perlindungan Hak Penyandang Disabilitas dalam Memperoleh Pekerjaan dan Penghidupan yang Layak bagi Kemanusiaan. Jurnal Konstitusi, 17(1), 197. https://doi.org/10.31078/jk1719

Published

2021-08-11

How to Cite

Nadila, A. Y. (2021). PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MENGASUH ANAK AUTIS DI PONOROGO. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.33061/jai.v6i1.5876