Kelayakan Materi Komik Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo sebagai Bahan Bacaan Kategori Membaca Permulaan pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3770Keywords:
Material Worthiness, Comics, Beginning ReadingAbstract
Language skills in the 4.0 industrial revolution era like today are very important. Based on the purpose of this study is to describe and explain the appropriateness of the material contained in the comic book based on local wisdom beginning reading category for early childhood education. Basically this research is based on the phenomenon in the community regarding the habit of using gadgets in early childhood which results in addiction. This local wisdom-based comic Reog Ponorogo is one of the answers to the community's anxiety about parenting in dealing with children who are addicted to using gadgets. This comic is one of the solutions that can be used by the community, especially young parents who are confused about providing reading materials that are appropriate to their age. Thus, this article discusses the feasibility of this book's material as reading material in early childhood. This type of research is a descriptive study in which data collection techniques can be done through document analysis. Thus, the existence of comics based on local wisdom can be used as one of the literacy materials, especially in assisting parenting in the use of devices wisely in early childhood education.     Â
Â
ABSTRAK
Kemampuan berbahasa di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini sangatlah penting. Berdasarkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kelayakan materi yang terdapat dalam buku komik berbasis kearifan lokal kategori membaca permulaan bagi pendidikan anak usia dini. Pada dasarnya penelitian ini berlatarbelakangkan fenomena di masyarakat mengenai kebiasaan penggunaan gawai pada anak usia dini yang mengahkibatkan kecanduan. Komik berbasis kearifan lokal Reog Ponorogo ini sebagai salah satu jawaban atas kegelisahan masyarakat mengenai pola asuh dalam menghadapi anak yang kecanduan menggunakan gawai. Komik inilah salah satu solusi yang dapat digunakan oleh masyarakat khususnya orang tua muda yang kebingungan memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan usianya. Dengan demikian, pada artikel ini dibahas mengenai kelayakan materi buku ini sebagai bahan bacaan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif yang teknik pengumpulan datanya dapat dilakukan melalui analisis dokumen. Dengan demikian, dengan adanya komik berbasis kearifan lokal ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan literasi khususnya pada pendampingan pola asuh penggunaan gawai secara bijak pada pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Dhieni, Nurbiana dkk. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dhieni, Nurbiana dkk. (2012). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Fajrina, Hani Nur. 2015. Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengakhawatirkan. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan . CNN Indonesia. Kamis, 13 Februari 2020.
Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Balok Huruf Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Bantul.Yogyakarta: PG PAUD UNY.
Miles, Matthew B dan Hubermen, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (edisi terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
Moleong, JL. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasri’in.(2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B PAUD Putra Bangsa Desa Tugu Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Priyatna, Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan lokal. Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam. Volume 05, Juli 2016.
Rahmawati, Ida Yeni. 2016 . Nilai Pendidikan Karakter Pada Tokoh Kesenian Reog Ponorogo Sebagai Wujud Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa). Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEANâ€. Prodi Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Rahadian, www. komikindonesia.com diakses 28 Januari 2005.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, H.B. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Sujiono,Y.R., (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Vika, Endah Aris. (2017). Meningkatkan Kemampuan-kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar.Surabaya: FKIP UM Surabaya
Yin, Robert K. 2000. Studi Kasus, Desain dan Metode (edisi terjemahan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.