Kelayakan Materi Komik Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo sebagai Bahan Bacaan Kategori Membaca Permulaan pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Ida Yeni Rahmawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3770

Keywords:

Material Worthiness, Comics, Beginning Reading

Abstract

Language skills in the 4.0 industrial revolution era like today are very important. Based on the purpose of this study is to describe and explain the appropriateness of the material contained in the comic book based on local wisdom beginning reading category for early childhood education. Basically this research is based on the phenomenon in the community regarding the habit of using gadgets in early childhood which results in addiction. This local wisdom-based comic Reog Ponorogo is one of the answers to the community's anxiety about parenting in dealing with children who are addicted to using gadgets. This comic is one of the solutions that can be used by the community, especially young parents who are confused about providing reading materials that are appropriate to their age. Thus, this article discusses the feasibility of this book's material as reading material in early childhood. This type of research is a descriptive study in which data collection techniques can be done through document analysis. Thus, the existence of comics based on local wisdom can be used as one of the literacy materials, especially in assisting parenting in the use of devices wisely in early childhood education.          

 

ABSTRAK

Kemampuan berbahasa di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini sangatlah penting. Berdasarkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kelayakan materi yang terdapat dalam buku komik berbasis kearifan lokal kategori membaca permulaan bagi pendidikan anak usia dini. Pada dasarnya penelitian ini berlatarbelakangkan fenomena di masyarakat mengenai kebiasaan penggunaan gawai pada anak usia dini yang mengahkibatkan kecanduan. Komik berbasis kearifan lokal Reog Ponorogo ini sebagai salah satu  jawaban atas kegelisahan  masyarakat  mengenai pola asuh dalam menghadapi anak yang kecanduan menggunakan gawai. Komik inilah salah satu solusi yang dapat digunakan oleh masyarakat khususnya orang tua muda yang kebingungan memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan usianya. Dengan demikian, pada artikel ini dibahas mengenai kelayakan materi buku ini sebagai bahan bacaan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif yang teknik pengumpulan datanya dapat dilakukan melalui analisis dokumen. Dengan demikian, dengan adanya komik berbasis kearifan lokal ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan literasi khususnya pada pendampingan pola asuh penggunaan gawai secara bijak pada pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhieni, Nurbiana dkk. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Dhieni, Nurbiana dkk. (2012). Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Fajrina, Hani Nur. 2015. Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengakhawatirkan. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan . CNN Indonesia. Kamis, 13 Februari 2020.

Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Balok Huruf Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Bantul.Yogyakarta: PG PAUD UNY.

Miles, Matthew B dan Hubermen, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif (edisi terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Moleong, JL. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasri’in.(2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B PAUD Putra Bangsa Desa Tugu Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Priyatna, Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan lokal. Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam. Volume 05, Juli 2016.

Rahmawati, Ida Yeni. 2016 . Nilai Pendidikan Karakter Pada Tokoh Kesenian Reog Ponorogo Sebagai Wujud Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa). Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEANâ€. Prodi Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Rahadian, www. komikindonesia.com diakses 28 Januari 2005.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B. 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Sujiono,Y.R., (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Vika, Endah Aris. (2017). Meningkatkan Kemampuan-kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar.Surabaya: FKIP UM Surabaya

Yin, Robert K. 2000. Studi Kasus, Desain dan Metode (edisi terjemahan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published

2021-03-18

How to Cite

Rahmawati, I. Y. (2021). Kelayakan Materi Komik Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo sebagai Bahan Bacaan Kategori Membaca Permulaan pada Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3770