PENANAMAN NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak Al Islam Surakarta)

Authors

  • Oka Irmade Universitas Slamet Riyadi
  • Yetty Isna Wahyuseptiana
  • Yetty Isna Wahyuseptiana

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3767

Keywords:

The value of entrepreneurship, independence, early childhood

Abstract

This study discusses the role of entrepreneurial values instilled in children in the formation of independence and find ways to instill entrepreneurial values in children in the formation of independence. This study uses qualitative case study types. Data collection methods used include the method of observation, interview methods, and documentation methods. The data in this study were analyzed by data reduction, data presentation, and conclusion search. Conducting research in the Al Islam Kindergarten, Surakarta. The output of this study discusses the assessment of entrepreneurial values in the formation of independence in children in addition to articles related to the accountability of research results that are ready to be published in scientific journals. The results of this study indicate the cultivation of entrepreneurship in the formation of independence in children in the Al Islam Surakarta Kindergarten Institute. Independence in children is implemented in classroom learning activities, teachers need to be more active in learning activities related to entrepreneurship related activities that involve entrepreneurship can affect the level of independence in children.                       

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari nilai kewirausahaan yang ditanamkan pada anak dalam pembentukan kemandirian dan mengetahui cara menanamkan nilai kewirausahaan pada anak dalam pembentukan kemandirian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanakan penelitian di Taman Kanak-kanak Al Islam Surakarta. Luaran dari penelitian ini adalah rekomendasi mengenai penanaman nilai kewirausahaan dalam pembentukan kemandirian pada anak disamping artikel sebagai pertanggunganjawab hasil penelitian yang siap dimuat di jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukan penanaman kewirausahaan dalam pembentukan kemandirian pada anak di Lembaga Taman Kanak-kanak Al Islam Surakarta. Kemandirian pada anak diimplementasikan dalam kegiatan belajar di kelas, tentunya guru perlu lebih aktif dalam menyajikan aktivitas belajar yang berkaitan dengan kewirausahaan dikarenakan aktivitas yang melibatkan kewirausahaan dapat mempengaruhi tingkat kemandirian pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogdan, Robert. C. dan Biklen, Sari Knopp. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon. Inc.

Denzin, Norman & Yvonna S.Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dodge, D., T., & Laura J., C. (2001). The Creative Curriculum for early Childhood. Washington, DC. Teaching Strategies, inc

H. B. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Hadari Nawawi. 1987. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press

Harmaizar Zaharudin. (2006). Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi: CV. Dian Anugrah Prakasa

Huri Suhendri. 2011. “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol. 1 Nomor 1, hal. 29-39 p-ISSN: 2088-351X e-ISSN 2502-5457

Hurlock,E.B. 1973. Adolescent Development. Tokyo: McGraw-Hill Kogakushsha Ltd

Miles B. Matthew, A. Michael, Huberman. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy. J. 2001 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nur Asiyah. 2013. “Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru”. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 2 Nomor 2, Mei hal. 108-121 p-ISSN: 2301-5985 e-ISSN: 2615-516

Peter Dructer. 1996. Inovasi dan Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga

Sizillia Noranda Mayangsari. 2018. “Apakah Siswa Sekolah Dasar Paham Nilai- Nilai Kewirausahaan”. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 5 Nomor 1, Juni hal. 64-75 p-ISSN: 2407-2451.,e-ISSN: 2621-0282

Stewart & Koch. 983. Children Development Throught Adolescence. Canada: John Wiley and Sons, Inc

Sugiyono.2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV ALfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sujiono, Y., Nuraini & Bambang, S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks

Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press

Syifauzakia. 2016. “Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelas B2 Ra Miftahul Falah Di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung)”. Jurnal Tunas Siliwangi, Vol. 2 Nomor 1, April hal 92-113 p-ISSN: 2476-9789

Zulkarnain dn Eliyyil Akbar. 2018. “Implementasi Market Day Dalam Mengembangkan Entrepreneurship Anak Usia Dini di TK IT An-Najah Kabupaten Aceh Tengah”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 12 Edisi 2, November 2018

Zumrotus Sholikhah. 2018. Edupreneurship Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Santri (Studi Multi Kasus di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin) Artikel Tesis. Artikel Tesis. digilib.uinsby.ac.id/25973

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-03-18

How to Cite

Irmade, O., Wahyuseptiana, Y. I., & Wahyuseptiana, Y. I. (2021). PENANAMAN NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak Al Islam Surakarta). JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3767