ANALISIS TINGKAT PENGGUNAAN ICT GURU TK KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Oka Irmade Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2733

Keywords:

ICT, Analysis of ICT usage

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat penggunaan ICT guru TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo yang dibagi berdasarkan kriteria ketersediaan fasilitas atau infrastruktur ICT, pemanfaatan ICT, dampak ICT pada proses pembelajaran TK. Penelitian ini merupakan studi deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru TK di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo sebagai penelitian yang berjumlah 154 guru dari 47 sekolah yang kemudian dilakukan penarikan sampel dengan teknik simple random sampling menjadi 110 guru. Data diperoleh peneliti menggunakan metode survei dan mengumpulkan data melalui distribusi kuesioner. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah ketersediaan fasilitas atau infrastruktur ICT TK di Kecamatan Grogol Sukoharjo cukup memadai, ini bisa terlihat dari 47 sekolah ada 33 sekolahan yang mempunyai fasilitas lengkap meskipun 14 sekolah belum mempunyai fasilitas internet. Guru lebih banyak menggunakan komputer untuk kepentingan atau kebutuhan di sekolah saja. Penggunaan internet cukup tinggi, minimal 10 jam perminggu. Dari seluruh guru mengatakan perkembangan ICT berdampak positif. ICT dapat mempermudah mencari bahan ajar, guru tidak ketinggalan informasi dan perkembangan IT, memudahkan guru dalam mengajarkan ilmu pada anak, kegiatan belajar mengajar jadi menyenangkan, menambah minat belajar, memudahkan proses belajar mengajar dan mencari media

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulhak. 2010. Penerapan ICT dalam Pembelajaran Madrasah, dalam Bahan Ajar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis ICT Bagi Guru Madrasah Se-Indonesia Bandung: Yayasan Idea Cendekia

Ace Suryadi. 2007. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, 83-98

Ali Muhson, 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi in-formasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 - 10

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press

Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pem-belajaran: Landasan &Aplikasinya, Ja-karta: Rineka.

Chris Dede. 2014. The Role of Digital Technologies in Deeper Learning. Stu-dent at the Center: Harvard University

David Hall. 2010. The ICT Handbook for Primary Teachers. London and New York:Routledge

Elston, Carol. 2007. Using ICT in the Prima-ry School, Sage Publications, London.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi dan In-formasi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Imam Abdul Syukur. 2014. Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. SMA Negeri 1 Nganjuk

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh: Ber-basis Teknologi Informasi dan Komu-nikasi, Bandung, CV. ALFABETA

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.

Prasojo, Lantip Diat, Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yog-yakarta: Gava Media.

Rahman A, dkk. 2008. Pendiikan Kewarga-negaraan Untuk Mahasiswa. Yogyakar-ta: Graha Ilmu

Roca, et.al. 2006. Understanding e-learning continuance intention: An Extension of the Technology Acceptance Model. In-ternational Journal Human-Computer Studies, 64, 683-696.

Selwyn, N. 2008. An investigation of dif-ferences in undergraduates’ academic use of the internet. Active Learning in Higher Education, Vol 9 (1):11-22. Di-akses dari http://peer.ccsd.cnrs.fr/docs/00/57/19/67/PDF/PEER_stage2_10.1177%252F1469787407086744.pdf pada 6 Agustus 2012.

Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuanti-tatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sumarsono, Sonny. 2003. Ekonomi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ketenaga kerjaan. Jogyakarta : Graha Ilmu.

Published

2018-12-13

How to Cite

Irmade, O. (2018). ANALISIS TINGKAT PENGGUNAAN ICT GURU TK KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 3(2), 101–107. https://doi.org/10.33061/ad.v3i2.2733