RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DENGAN PAUD DI INDONESIA

Authors

  • Van Biaila Rizkina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kuswanto Kuswanto

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v5i2.3719

Keywords:

CharacterEducation, Early Childhood Education, Ki Hajar Dewantara

Abstract

This research aims to determine the relationship between the character education theory of Ki Hajar Dewantara on early childhood education in Indonesia. This research uses qualitative research methods by comparing several sources related to the title of this article. The approach uses analytical descriptive based literary studies. Ki Hajar Dewantara is one of the Indonesian education figures who make character education as a concept in education. Early childhood education was the earliest stage of the birth and growing characteristics of a child. Ki Hajar Dewantara implements character education in early childhood education by carrying the concept of "Tri Education Center" in three wards, namely family, school, and community. In addition, Ki Hajar Dewantara Applied "System Among" and "Tutwuri Handayani" in character education that must be performed by educators in schools. In the concept, Ki Hajar Dewantara intends that character education in early childhood education should be able to liberate the learners according they own age but not as well as from the watch care of teachers. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan teori pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan anak usia dini di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan membandingkan beberapa sumber yang berkaitan dengan judul artikel ini. Pendekatan menggunakan deskriptif analitis berdasarkan studi literatur. Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang menjadikan pendidikan karakter sebagai konsep dalam pendidikan. Pendidikan anak usia dini merupakan tahap awal dari lahir dan berkembangnya karakteristik seorang anak. Ki Hajar Dewantara mengimplementasikan pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini dengan mengusung konsep “Tri Pusat Pendidikan” dalam tiga lingkungan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain itu, Ki Hajar Dewantara menerapkan “Sistem Among” dan “Tutwuri Handayani” dalam pendidikan karakter yang harus dilakukan oleh para pendidik di sekolah. Dalam konsepnya tersebut, Ki Hajar Dewantara bermaksud bahwa pendidikan karakter dalam pendidikan anak usia dini pelaksanaannya harus dapat membebaskan peserta didik sesuai kemauannya tetapi tidak terlelepas juga dari pantauan guru sebagai pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewantara, K. H. (2013). Pendidikan sesuatu yang pendidikan membebaskan yang. Pendidikan Usia Dini, 7(2), 221–132.

Halimah, L .(2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini : Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum PAUD. Bandung. Reflika Aditama

Hardini, A (2016). Implementasi Penidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Pelangi Bangsa Pemalang). Skripsi FIP UNES. Universitas Semarang : tidak terbitkan

Haryanto. (2013). Pendidikan Karakter menurut Ki Hadjar Dewantara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Herlambang, Y.T. (2018) . Pedagogik. Jakarta : Bumi Aksara

Hidayat, B., Putra, A. A., & Harahap, M. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islami. Generasi Emas, 1(1), 29. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2254

Khoiriah, N (2019) Pandangan Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan Anak Usia Dini dan Relevansinya dengan pendidiakan Islam. Skripsi Fakultas Tarbiah. IAIN Bengkulu: tidak diterbitkan.

MAGTA, M. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha,2(11), 221–232.

Marzuki, M., & Khanifah, S. (2016). Pendidikan ideal perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 172–181. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12740

Suryadi, A. (2017). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 2(1).

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini, 10.

Uno, H.B dan Lamatenggo, N. (2017) . Landasan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Utami, P. N. (2017). Konsep pendidikan karakter menurut ki hajar dewantara. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN SALATIGA, 1–95.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat(1)

Wardani, K. (2014). Guru dan Pendidikan Karakter.

Wiryopranoto, dkk (2017). Ki Hajar Dewantara Pemikiran dan Perjuangannya.

PlumX Metrics

Published

2021-01-04

How to Cite

Rizkina, V. B., & Kuswanto, K. (2021). RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DENGAN PAUD DI INDONESIA. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(2), 75–81. https://doi.org/10.33061/jai.v5i2.3719