RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTARA DENGAN PAUD DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.33061/jai.v5i2.3719Keywords:
CharacterEducation, Early Childhood Education, Ki Hajar DewantaraAbstract
This research aims to determine the relationship between the character education theory of Ki Hajar Dewantara on early childhood education in Indonesia. This research uses qualitative research methods by comparing several sources related to the title of this article. The approach uses analytical descriptive based literary studies. Ki Hajar Dewantara is one of the Indonesian education figures who make character education as a concept in education. Early childhood education was the earliest stage of the birth and growing characteristics of a child. Ki Hajar Dewantara implements character education in early childhood education by carrying the concept of "Tri Education Center" in three wards, namely family, school, and community. In addition, Ki Hajar Dewantara Applied "System Among" and "Tutwuri Handayani" in character education that must be performed by educators in schools. In the concept, Ki Hajar Dewantara intends that character education in early childhood education should be able to liberate the learners according they own age but not as well as from the watch care of teachers. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan teori pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan anak usia dini di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan membandingkan beberapa sumber yang berkaitan dengan judul artikel ini. Pendekatan menggunakan deskriptif analitis berdasarkan studi literatur. Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang menjadikan pendidikan karakter sebagai konsep dalam pendidikan. Pendidikan anak usia dini merupakan tahap awal dari lahir dan berkembangnya karakteristik seorang anak. Ki Hajar Dewantara mengimplementasikan pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini dengan mengusung konsep “Tri Pusat Pendidikan†dalam tiga lingkungan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain itu, Ki Hajar Dewantara menerapkan “Sistem Among†dan “Tutwuri Handayani†dalam pendidikan karakter yang harus dilakukan oleh para pendidik di sekolah. Dalam konsepnya tersebut, Ki Hajar Dewantara bermaksud bahwa pendidikan karakter dalam pendidikan anak usia dini pelaksanaannya harus dapat membebaskan peserta didik sesuai kemauannya tetapi tidak terlelepas juga dari pantauan guru sebagai pendidik.Downloads
References
Dewantara, K. H. (2013). Pendidikan sesuatu yang pendidikan membebaskan yang. Pendidikan Usia Dini, 7(2), 221–132.
Halimah, L .(2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini : Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum PAUD. Bandung. Reflika Aditama
Hardini, A (2016). Implementasi Penidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Pelangi Bangsa Pemalang). Skripsi FIP UNES. Universitas Semarang : tidak terbitkan
Haryanto. (2013). Pendidikan Karakter menurut Ki Hadjar Dewantara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Herlambang, Y.T. (2018) . Pedagogik. Jakarta : Bumi Aksara
Hidayat, B., Putra, A. A., & Harahap, M. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islami. Generasi Emas, 1(1), 29. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2254
Khoiriah, N (2019) Pandangan Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan Anak Usia Dini dan Relevansinya dengan pendidiakan Islam. Skripsi Fakultas Tarbiah. IAIN Bengkulu: tidak diterbitkan.
MAGTA, M. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha,2(11), 221–232.
Marzuki, M., & Khanifah, S. (2016). Pendidikan ideal perspektif Tagore dan Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 172–181. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12740
Suryadi, A. (2017). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 2(1).
Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini, 10.
Uno, H.B dan Lamatenggo, N. (2017) . Landasan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Utami, P. N. (2017). Konsep pendidikan karakter menurut ki hajar dewantara. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN SALATIGA, 1–95.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat(1)
Wardani, K. (2014). Guru dan Pendidikan Karakter.
Wiryopranoto, dkk (2017). Ki Hajar Dewantara Pemikiran dan Perjuangannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.