MENCIPTAKAN TENAGA PENDIDIK PAUD YANG BERKOMPETEN SEJALAN DENGAN TEORI KI HAJAR DEWANTARA

Authors

  • Nida Salma Fauziyyah Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Cibiru
  • Kuswanto Kuswanto Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3716

Keywords:

Humanization, Early Childhood Education, Ki Hajar Dewantara

Abstract

The study was conducted to determine and analyze more deeply by finding the relevance of the theories by Ki Hajar Dewantara to produce competent PAUD educators, especially in Indonesia. This study used a qualitative method or a descriptive approach. The theories or basic discussion was obtained from the results of literature studies from various sources, such as journals, books, and articles. Then, the results were obtained that the theories of Ki Hajar Dewantara’s thoughts, including the among system and its 3 mottoes are still very relevant to be applied in the education circumstances today. It is considering that these theories actually make the learning process as an effort to humanize humans. The teacher’s competence as intended by the theory is considered ideal to be applied by PAUD teachers at this time. By understanding the theory, it is expected to improve the competence of PAUD teachers, given the success of the education world in the past. Therefore, PAUD teachers nowadays have many demands to be able to always be professional with awareness to further improve their pedagogical competencies, in order to produce competent students as well. Thus, it is necessary to have competence and experience that is qualified and able to realize the theories of Ki Hajar Dewantara when teaching.    

                                     

ABSTRAK

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam dengan mencari relevansi akan teori-teori dari Ki Hajar Dewantara demi menciptakan tenaga pendidik PAUD yang berkompeten khususnya di negara Indonesia sendiri. Kajian penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau pendekatan secara deskriptif.  Yang mana teori ataupun dasar pembahasannya diperoleh dari hasil studi kepustakaan dari berbagai sumber  seperti jurnal, buku dan artikel. Kemudian diperoleh hasil bahwa  teori   dari  hasil pemikira Ki Hajar Dewantara yaitu sistem among dan 3 semboyannya masih sangat relevan untuk diterapkan dalam dunia pendidikan saat ini. Mengingat teori - teori tersebut benar - benar menjadikan proses belajar sebagai upaya memanusiakan manusia. Kompetensi guru yang dimaksudkan oleh teori tersebut dirasa ideal untuk diaplikasikan oleh guru PAUD masa kini. Dengan memahami teori tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dari guru PAUD, mengingat akan keberhasilan dunia pendidikan terdahulu. Oleh karena itu, guru PAUD masa kini memiliki banyak tuntutan untuk dapat senantiasa profesional dengan kesadaran untuk semakin meningkatkan kompetensi pedagogiknya, demi menciptakan peserta didik yang berkompeten pula. Maka perlu memiliki kompetensi serta pengalaman yang mumpuni dan mampu merealisasikan teori dari Ki Hajar Dewantara ketika mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nida Salma Fauziyyah, Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Cibiru

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Alkornia, S. (2016). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik Dan Profesionalisme Guru Paud Dharma Wanita Binaan Skb Situbondo. Pancaran, 5(4), 143–158.

Febrialismanto, F. (2017). Analisis Kompetensi Profesional Guru Pg Paud Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121–136. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700.

FIRDIANSAH, F. (2013). Pendekatan Sistem Among Pada Proses Pembelajaran Di Smk Taman Siswa Kediri Tahun 2006 – 2012/2013 Dalam Dinamika Modernisasi. Avatara, 1(3), 607–614.

Hajar, K. I., Pemikiran, D. ", & Perjuangannya, D. (2017). Museum Kebangkitan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Ibrahim, T. (2017). Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, I, 135–145.

Langeveld, M. J. (2008). Terjemahan Pedagogik teoritis-sistematis. Science Education, 1–109.

Nuri, M. S. (2016). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara : Studi Kasus Pelaksanaan Sistem Among Di Sdn Timbulharjo Bantul. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Ronny Farwan, Muhamad Ali, L. (2017). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Untan, 9. Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/10636/10203.

Sunardi, & Sujadi, I. (2017). Sumber Belajar Calon Peserta Program PLPG Kompetensi Pedagogik.

Suyadi. & Ulfah, M. (2017). Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tahun, B., & Hatip, M. (2011). TERHADAP KOMPETENSI GURU PAUD ( STUDI DESKRIPTIF ANALITIK DI EKS KERESIDENAN. 147–154.

Tanaka, A. (2018). SISTEM AMONG, DALTON, DAN SHANTI NIKETAN Kajian Komparatif Historikal Sistem Pendidikan Indonesia, Amerika, dan India serta Implikasinya bagi Kemajuan Pendidikan di Indonesia Konteks Kekinian. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1, 53–73. https://doi.org/10.5281/zenodo.1148981.

Tohir, M. (2016). Sosok Guru Profesional yang Ideal Ala Ki Hajar Dewantara. Tersedia Online: Http://Pasca.Unej.Ac.Id/Sosok-Guru-Profesional-Yang-Ideal-Ala-Ki-Hajar-Dewantara/ [02 Mei 2016], 1–4.

Tri, Y. H. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.348.

PlumX Metrics

Published

2021-03-18

How to Cite

Fauziyyah, N. S., & Kuswanto, K. (2021). MENCIPTAKAN TENAGA PENDIDIK PAUD YANG BERKOMPETEN SEJALAN DENGAN TEORI KI HAJAR DEWANTARA. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3716