Pemberdayaan Tenaga Kerja Disabilitas Tunarungu Sebagai Upaya Pemenuhan Hak atas Kesempatan Kerja pada PT. Protecda Kreasi Prima Kabupaten Wonosobo

Penulis

  • Neneng Dhea Fatimah Universitas Sebelas Maret
  • Triana Rejekiningsih Universitas Sebelas Maret
  • Rima Vien Permata Hartanto Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9805

Abstrak

Negara bertanggungjawab untuk menghormati, melindungi dan memenuhi hak warga negara termasuk kelompok disabilitas. Salah satu hak kelompok disabilitas yaitu hak untuk mendapatkan kesempatan kerja. Namun pada kenyataannya masih terdapat kelompok disabilitas yang belum terpenuhi akan hak atas kesempatan kerja tersebut. Penelitian ini menganalisis pemberdayaan tenaga kerja disabilitas yang dilakukan oleh PT. Protecda Kreasi Prima sebagai upaya pemenuhan hak atas kesempatan kerja pada disabilitas tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemenuhan hak atas kesempatan kerja bagi disabilitas tunarungu yang dilakukan oleh PT. Protecda Kreasi Prima melalui berbagai program pemberdayaan yang berbasis berbasis unit produksi. Program pemberdayaan ini berdampak terhadap pemenuhan hak atas kesempatan kerja yaitu potensi terbukanya lapangan pekerjaan bagi disabilitas tunarungu seperti salon kecantikan, bengkel mekanik, café, pemberian informasi kontrak kerja di PT. Protecda Kreasi Prima, meningktnya keterampilan (skill) pada disabilitas tunarungu, penyerapan tenaga kerja untuk mencegah dan mengurangi pengangguran.

Kata Kunci : pemberdayaan, pemenuhan hak, kesempatan kerja, disabilitas tunarungu

 

Diterbitkan

2023-12-01

Cara Mengutip

Fatimah, N. D. ., Rejekiningsih, T. ., & Hartanto, R. V. P. . (2023). Pemberdayaan Tenaga Kerja Disabilitas Tunarungu Sebagai Upaya Pemenuhan Hak atas Kesempatan Kerja pada PT. Protecda Kreasi Prima Kabupaten Wonosobo. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 11–29. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9805