PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 3 SMAN 8 MUARO JAMBI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 3 SMAN 8 MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9282Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) di kelas X IPS 3 SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 Siklus dimana tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat kemandirian belajar siswa meningkat dari kondisi awal nilai rata-rata sebesar 23% meningkat menjadi 49% namun belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Siklus I kemudian dilakukan perbaikan untuk dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan terjadi peningkatan pada siklus II yang meningkat sebesar 9% menjadi 58% namun juga belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Perbaikan kembali dilakukan pada siklus II untuk dilanjutkan pada siklus III. Hasil penelitian siklus III meningkat sebesar 11 % menjadi 69% yang artinya tindakan dinyatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan
Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran CTL
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ernita Dita Tiara, Irzal Anderson, Muhammad Ichsan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.