PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 3 SMAN 8 MUARO JAMBI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 3 SMAN 8 MUARO JAMBI

Penulis

  • Ernita Dita Tiara
  • Irzal Anderson
  • Muhammad Ichsan

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9282

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) di kelas X IPS 3 SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis & Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 Siklus dimana tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tingkat kemandirian belajar siswa meningkat dari kondisi awal nilai rata-rata sebesar 23% meningkat menjadi 49% namun belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Siklus I kemudian dilakukan perbaikan untuk dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan perbaikan terjadi peningkatan pada siklus II yang meningkat sebesar 9% menjadi 58% namun juga belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Perbaikan kembali dilakukan pada siklus II untuk dilanjutkan pada siklus III. Hasil penelitian siklus III meningkat sebesar 11 % menjadi 69% yang artinya tindakan dinyatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan

Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran CTL

Diterbitkan

2023-12-01

Cara Mengutip

Tiara, E. D. ., Anderson, I. ., & Ichsan, M. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 3 SMAN 8 MUARO JAMBI: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X IPS 3 SMAN 8 MUARO JAMBI. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 40–48. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9282