TEORI SIBERNETIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKN

Penulis

  • Siska Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karim Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9243

Abstrak

Dunia pendidikan khususnya pembelajaran PKn memerlukan inovasi dan variasi dalam metode pembelajaran yang diterapkan. Metode Brain Based Learning sangat menarik karena peng-optimalisasian kerja otak dapat dimulai dengan cara yang sederhana. Pengetahuan pendidik akan pertanyaan mendasar mengenai “apa yang baik bagi otak anak?†adalah esensi dari penerapan metode belajar ini. Riset ini adalah riset yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi, display, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Metode Brain-Based Learning dengan teori belajar sibernetik menjadi alternatif yang inovatif dalam mata pelajaran PKn agar pembelajaran lebih efisien dan menyenangkan. Metode pembelajaran ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti memperhatikan nutrisi otak pada peserta didik memperhatikan relaksasi otak seperti peregangan atau relaksasi dan mendengarkan musik, memperhatikan tanaman dan aroma kelas yang dapat meningkatkan kinerja otak, memperhatikan waktu istirahat, dan permainan dalam kelas.

Diterbitkan

2023-12-01

Cara Mengutip

Damayanti, S., & Suryadi, K. . (2023). TEORI SIBERNETIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PKN. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 30–39. https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9243