PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MENTIMETER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA PLUS MERDEKA SOREANG
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9053Abstrak
Motivasi belajar siswa yang rendah menyebabkan hasil belajar yang rendah. Model pembelajaran yang kurang interaktif dan inovatif menjadi salah satu penyebab para siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran dengan aplikasi mentimeter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Plus Merdeka Soreang terhadap motivasi belajar siswa. Sampel penelitian diambil dari 30 siswa SMA Plus Merdeka Soreang yang mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes, angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perubahan kenaikan hasil dan motivasi belajar antara sebelum dan setelah perlakuan. Rata-rata hasil belajar mengalami kenaikan dari 46,87 menjadi 70,62 dengan persentasi kenaikan sebesar 50,67%. Selain itu, kenaikan juga terjadi pada indikator-indikator motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Penerapan aplikasi mentimeter memberikan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih dengan penggunaan media digital.
Kata kunci: Media Mentimeter, Pembelajaran Interaktif, Motivasi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Shafira Yolanda Furi Shafira
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.