UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) MATERI HUBUNGAN STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL PEMERINTAH PUSAT DAN DAERAH Pada Siswa Kelas X IPS 1 Di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/glcz.v5i1.2540Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model Think-Pair-Share
(TPS) dalam pembelajaran PPKn materi hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat
dan daerah pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017 / 2018.
Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode Think-Pair-Share
(TPS) dalam pembelajaran PPKn materi hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat
dan daerah pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017 / 2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kritis komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 100% dengan
nilai rata-rata 84,538 dan hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar sebesar 100%
dengan nilai rata-rata 93,5. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa
penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan
berfikir kritis siswa mata pelajaran PPKn materi hubungan struktural dan fungsional
pemerintah pusat dan daerah pada siswa kelas X IPS 1.
Kata kunci : Berpikir Kritis, Metode Think Pair Share (TPS).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.