PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI I GATAK SUKOHARJO 2017/2018

Penulis

  • Yohanes Sudarmodjo, Sugiaryo & AnitaTrisiana

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v5i1.2539

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media sosial dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri
1 Gatak Sukoharjo 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII berjumlah 74, kelas kontrol berjumlah 31 siswa dan kelas eksperimen
berjumlah 41 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu mendeskripsikan
data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksudmembuat kesimpulan yang
berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode penelitian eksperimen yaitu digunakan untuk
mencari pengaruhperlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan.
Berdasarkan hasil uji-t independent sample t test media sosial, motivasi belajar, dan prestasi
belajar ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang artinya
keduanya memiliki media sosial yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media sosial,
motivasi belajar, dan prestasi belajar untuk kelas kontrol dan kelas eksperimenkeduanya yang
berbeda. Kelas kontrol untuk hasil media sosial, motivasi belajar, dan prestasi belajar lebih tinggi
dibandingkan kelas eksperimen.
Kata Kunci : Media Sosial, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Unduhan

Diterbitkan

2019-01-07

Cara Mengutip

AnitaTrisiana, Y. S. S. &. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI I GATAK SUKOHARJO 2017/2018. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.33061/glcz.v5i1.2539

Terbitan

Bagian

Artikel