PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI I GATAK SUKOHARJO 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/glcz.v5i1.2539Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media sosial dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII SMP Negeri
1 Gatak Sukoharjo 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII berjumlah 74, kelas kontrol berjumlah 31 siswa dan kelas eksperimen
berjumlah 41 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu mendeskripsikan
data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksudmembuat kesimpulan yang
berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode penelitian eksperimen yaitu digunakan untuk
mencari pengaruhperlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan.
Berdasarkan hasil uji-t independent sample t test media sosial, motivasi belajar, dan prestasi
belajar ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang artinya
keduanya memiliki media sosial yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media sosial,
motivasi belajar, dan prestasi belajar untuk kelas kontrol dan kelas eksperimenkeduanya yang
berbeda. Kelas kontrol untuk hasil media sosial, motivasi belajar, dan prestasi belajar lebih tinggi
dibandingkan kelas eksperimen.
Kata Kunci : Media Sosial, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.