INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARAGNEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MAHASISWA UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA

Penulis

  • Wartoyo & Anita Trisiana

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v4i2.2307

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis integrasi Pendidikan Karakter dalam
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan Kedisiplinan mahasiswa
Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif,
dengan teknik pengumpulan data melalui cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Efektifitas
Pengintegrasian Kurikulum Pendidikan Karakter dalam Kedisiplinan mahasiswa secara
efektif di terapkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengabungkan nilai-nilai
kedisiplinan di kampus, masyarakat, berbangsa dan bernegara dalam upaya menjadikan
mahasiswa yang berkarakter kuat dan menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter sebagai
penerus bangsa saat ini. Pola penanaman kedisiplinan, diwujudkan dalam pembiasaan
mulai dari kegiatan pembelajaran sampai dengan kegiatan evaluasi pembelajaran.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Kedisiplinan

Unduhan

Diterbitkan

2018-11-09

Cara Mengutip

Anita Trisiana, W. &. (2018). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARAGNEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MAHASISWA UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2). https://doi.org/10.33061/glcz.v4i2.2307

Terbitan

Bagian

Artikel