INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARAGNEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MAHASISWA UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.33061/glcz.v4i2.2307Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis integrasi Pendidikan Karakter dalampembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan Kedisiplinan mahasiswa
Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif,
dengan teknik pengumpulan data melalui cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Efektifitas
Pengintegrasian Kurikulum Pendidikan Karakter dalam Kedisiplinan mahasiswa secara
efektif di terapkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengabungkan nilai-nilai
kedisiplinan di kampus, masyarakat, berbangsa dan bernegara dalam upaya menjadikan
mahasiswa yang berkarakter kuat dan menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter sebagai
penerus bangsa saat ini. Pola penanaman kedisiplinan, diwujudkan dalam pembiasaan
mulai dari kegiatan pembelajaran sampai dengan kegiatan evaluasi pembelajaran.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Kedisiplinan
Downloads
Published
2018-11-09
How to Cite
Anita Trisiana, W. &. (2018). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARAGNEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MAHASISWA UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2). https://doi.org/10.33061/glcz.v4i2.2307
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.