PENINGKATAN PEMAHAMAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016

Penulis

  • Jacksone Christiawan Puka Puka

DOI:

https://doi.org/10.33061/glcz.v1i1.1341

Abstrak

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis TIK dalam menunjang pembelajaran terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA N Colamdu Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, populasinya adalah siswa kelas XI SMA Negeri Colomadu yang berjumlah 319 siswa. Sampel diambil dengan teknik random dengan cara Quota random sampling dengan mengambil sampel sebanyak 15-20 % dari populasi, dengan hasil perhitungan yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Metode tes. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai pengaruh media pembelajaran berbasis TIK dengan prestasi belajar. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama triangulasi sumber dengan membandingkan apa yang dikatakan siswa dan guru. Triangulasi metode yaitu pembuktian dengan observasi mengenai pelaksanaan penerapan media pembelajaran berbasis TIK. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kritis komparatif. Pelaksanaan ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dapat meningkatkan pemahaman materi tentang penegakan hak asasi manusia di Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2016, pada kondisi awal menunjukan bahwa dari 33 siswa, yang dinyatakan tidak tuntas atau mempunyai nilai dibawah 70 yaitu sebanyak 33 siswa (100%) dengan rata-rata nilai 63,03. Pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas atau mempunyai nilai diatas 70 sebanyak 7 siswa (21,21%) sedangkan siswa yang belum tuntas dinyatakan 26 siswa (78,79%) dengan rata-rata 56,06. Pada siklus II siswa tuntas sebanyak 32 siswa (100%) dengan rata-rata 83,12. Dengan demikian dapat peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dapat meningkatkan pemahaman materi tentang penegakan hak asasi manusia di Indonesia pada siswa kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis TIK, Prestasi Belajar

Unduhan

Diterbitkan

2016-12-27

Cara Mengutip

Puka Puka, J. C. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2016. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.33061/glcz.v1i1.1341

Terbitan

Bagian

Artikel