Penerapan Metode Jigsaw dengan Integrasi Barcode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA Negeri 9 Semarang

Penulis

  • Eliyani Nur Khofifah Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v13i1.10765

Abstrak

Penelitian ini dimotivasi oleh pentingnya peran guru dalam menentukan dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif agar siswa dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran PKn. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru yang menggunakan metode ceramah yang terlalu dominan mengakibatkan siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya, penelitian ini menawarkan metode pembelajaran kooperatif jigsaw yang terintegrasi dengan barcode sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa. Dengan cara ini, siswa akan lebih memahami materi, bekerja sama dalam kelompok, dan mengajar orang lain. Integrasi barcode membuat belajar lebih mudah bagi siswa, mereka dapat memindai barcode yang terhubung ke berbagai situs web. Menurut hasil penelitian, persentase aktivitas belajar siswa meningkat signifikan dari 60,8% sebelum penelitian, kemudian meningkat disiklus I diperoleh 69,8% dan kembali mencapai kenaikan sebesar 80,4% pada siklus ke II.

Kata Kunci: keaktifan siswa, metode pembelajaran, penggunaan teknologi

Diterbitkan

2024-07-08

Cara Mengutip

Khofifah, E. N. ., & Suneki, S. . (2024). Penerapan Metode Jigsaw dengan Integrasi Barcode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 104–111. https://doi.org/10.33061/jgz.v13i1.10765