Penerapan Metode Jigsaw dengan Integrasi Barcode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA Negeri 9 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v13i1.10765Abstrak
Penelitian ini dimotivasi oleh pentingnya peran guru dalam menentukan dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif agar siswa dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran PKn. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru yang menggunakan metode ceramah yang terlalu dominan mengakibatkan siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya, penelitian ini menawarkan metode pembelajaran kooperatif jigsaw yang terintegrasi dengan barcode sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa. Dengan cara ini, siswa akan lebih memahami materi, bekerja sama dalam kelompok, dan mengajar orang lain. Integrasi barcode membuat belajar lebih mudah bagi siswa, mereka dapat memindai barcode yang terhubung ke berbagai situs web. Menurut hasil penelitian, persentase aktivitas belajar siswa meningkat signifikan dari 60,8% sebelum penelitian, kemudian meningkat disiklus I diperoleh 69,8% dan kembali mencapai kenaikan sebesar 80,4% pada siklus ke II.
Kata Kunci: keaktifan siswa, metode pembelajaran, penggunaan teknologi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eliyani Nur Khofifah, Sri Suneki
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.