PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PADA ANAK DALAM MENGAMALKAN NILAI PERSATUAN DIKELURAHAN JAJAR KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA 2020
DOI:
https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4118Keywords:
Status Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Pembentukan KarakterAbstract
Damianus Agus Sido. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi, Agustus 2020.
Tujuan penelitian ini ialah untuk : 1). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan atara status sosial ekonomi keluarga terhadap pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020; 2). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pendidikan orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020; 3). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dan pendidikan orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020.
Populasi dalam penelitian ini Masyarakat Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta yang berjumlah 9.389 jiwa. Sampel penelitian sejumlah 30 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Angket yang digunakan untuk pengumpulan data tentang status sosial ekonomi keluarga, pendidikan orang tua, serta pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan. Dalam penelitian ini validitas yang dicari adalah validitas eksternal dan realibilitas yang dicari adalah reabilitas internal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi ganda.
Berdasarkan hasil analisis data diproleh nilai Fhitung sebesar6.01. kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel tarafsignitifkan 5% sebesar 3,333. Berarti nilai Fhitung = 6,01 > Ftabel = 3,33. hipotesis yang menyatakan “Ada hubungan yang posoyif dan signitifikan antara status sosial ekonomi keluarga dan pendidikan orang tua dengan pembentukan karakter anak dalam mengamalkan nilai persatuan di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Surakarta 2020â€.
References
Akh Muwafik Saleh. 2012.
“MembangunKarakter Dengan Hati
Nuraniâ€. Erlangga: Jakarta.
Anita Trisiana dan Wartoyo. 2016. “Desain
Pengembangan Model
Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Melalui Addie
Model Untuk Meningkatkan
Karakter Mahasiswa Di Universitas
Slamet Riyadi Surakartaâ€.
Darmawan, D. 2013 “Metode Penelitian
Kuantitatifâ€. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Desi Areva. 2016. “Pengaruh Status Sosial
Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi
Orang Tua. Terhadap Tingkat Pendidikan
Anak Pedagang Toko/Kios Di Pasar
Raya Kota Padangâ€. (Jurnal
Internasional) of Economic and
Economic Education Vol.4 No.1
(52-60).
Dicky Setiardi. 2017. “Keluarga Sebagai
Sumber Pendidikan Karakter Bagi
Anakâ€. Jurnal Terbawi UUI 14 NO
Dirawati. Neni.2011. “Pengaruh
Lingkungan Masyarakat, Sekolah
dan Kondisi
Sosial Ekonomi Keluarga Pada Anakâ€.
Emzir. 2008. “Metodelogi Penelitian
Pendidikan Kuantitatif dan
Kualitatifâ€. RajaGrafindo Persada.
Jakarta
Endang Sri Indrawati. 2015. “Status Sosial
Ekonomi Dan Intensitas
Komunikasi Keluarga Pada Ibu
Rumah Tangga Di PanggungKidul
Sumatra Utaraâ€. Jurnal Psikologi
Undip Vol 9. No 2.
Franz Magnis Suseno. 1987. “ Etika Dasar
Masalah-Maslah Pokok Filsafat
Moralâ€. Erlangga: Jakarta.
Herman Hadiyanto. 2014. “Pengaruh
Pendidikn, Pekerjaan dan
Pendapatan Orang Tua Terhadap
Prestasi Belajar Ekonomi Pasa
Siswa SMAâ€. Journal International
Vol 9. No 3.
Hermawan Pamot Raharjo. 2015.
“Penerapan Pendekatan Saitifik
Dalam Membentuk Karakter Positif
Anakâ€. Journal Internasional Vol
No 4.
Khoyrul. Baroyah. 2010. “Pengaruh
Pengembangan Sikap Demokratis
Orang Tua Terhadap Kemandirian
Anakâ€. http://perpus.iainsalatiga.ac.
id.pdf .
Maharani Ramadhanti, M Syarif Sumantri,
Edwita. 2019. “Pembentukan
Karakter dalam Pembelajaran
BCCT (Beyond Center And Circle
Time)â€. Jurnal Educate Vol 23. No 03
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.