PERAN GURU DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017-2018
DOI:
https://doi.org/10.33061/glcz.v6i2.2549Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn
dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Pembelajaran PPKn terhadap
pembentukan karakter disiplin siswa. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri 6
Surakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan
kuantitatif dengan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif assosiatif.Populasi
penelitian siswa Kelas X SMA Negeri 6 Tahun Pelajaran 2017-2018 sebanyak 136
siswa dan keseluruhannya digunakan sebagai sampel dengan teknik sensus. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka.
Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan pembelajaran
berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter disiplin siswa
dengan nilai t hitung 3,148 dan p value 0,002 < 0,05. Peran guru PPKn dalam
melakukan pengelolaan pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pembentukan karakter disiplin siswa dengan nilai t hitung 2,561 dan p value 0,012 <
0,05. Peran guru PPKn dalam melakukan evaluasi pembelajaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pembentukan karakter disiplin siswa dengan nilai t hitung 3,120 dan
p value 0,002 < 0,05. Peran guru PPKn dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi Pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin siswa
sebesar 32,3% sedang sisanya sebesar 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model
penelitian.
Kata kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Pembelajaran dan Karakter
Kedisiplinan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can separately make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution published by the journal (e.g., publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are allowed and encouraged to send their work via online (e.g., in the institutional repositories or their website) after published by the journal.