PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI INTERNET PADA PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 18 SURAKARTA

Authors

  • Arinda Sujati Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Anita Trisiana universitas slamet riyadi surakarta
  • Yusuf Yusuf universitas slamet riyadi surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33061/jgz.v12i1.8796

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan teknologi
informasi internet terhadap perilaku sopan santun peserta didik kelas IX SMP 18 Surakarta. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data korelasi. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 18 Surakarta.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik
berjumlahkan 60 peserta didik. Variabel penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variable bebas X
(penggunaan teknologi informasi internet) dan variable terikat Y (perilaku sopan santun peserta didik)
yang dilakukan dengan memberikan angket kepada pserta didik untuk di isi dengan jumlah
pertanyaan 18 butir dan 5 opsi alternatif jawaban. Sebelum angket digunakan, dilakukan uji validitas
dan reliabilitas. Data setelah terkumpul dilakukan analisis. Teknik analisis data yang digunakan
dengan uji analisis statistic korelasi.
Berdasarkan hasil analisis data menujukan bahwa hasil uji korelasi menunjukan hasil 0,189.
Hasil uji korelasi ini jika dikonsultasikan table lebih besar dari 0,05 berarti Ha ditolak dan menerima
Ho, sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan teknologi informasi internet tidak berpengaruh atau
tidak signifikan terhadap perilaku sopan santun peserta didik kelas IX SMP Negeri 18 Surakarta
karena tingkat signifikansi yang dimiliki variabel penggunaan teknologi informasi internet lebih besar
dari 0,05 yang berarti tidak membawa dampak terhadap perilaku sopan santun peserta didik.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-07-01